just to tell u the untold ones..

Bunga Anggrek

Pria itu memang flamboyan, postur tubuh tegap, tinggi dan kulit bersih sehat. Rambut sedikit mengombak rapi. Lengkap dengan senyum ramah pada setiap orang.

Setiap sore, setengah tiga, setelah lantai tanah rumahnya bersih tersapu dan disiram air. Dia rapi duduk di kursi tamannya, dekat trotoar, menyapa siapapun yang lewat. Dari tukang minyak tanah, tukang jamu gendong, kusir andong, bahkan kernet angkutan yang kebetulan berhenti didepan rumahnyapun akan dia sapa. Tak heran hampir seluruh penghuni desa mengenalnya. Tak heran, terkadang ada beberapa potong gorengan gratis mampir menemani sore kami duduk duduk di depan rumah. Atau tiba tiba ada tukang nasi goreng, di malam malam dingin, datang membawakan dagangannya gratis. Hasil sapaan ramah, menurutku.

Pantaslah saat lebaran, di rumah Boja 175 selalu ramai dengan berbagai macam type orang. Pedagang pasar, supir dan kernet, petani, saudagar, kusir andong, penjual sate, penjual soto dan bahkan pegawai kantor kelurahan atau kawedanan.

Pernah suatu saat kami naik bus kearah kota, supir bus minta kami duduk di kursi paling depan. Senangnya aku dapat kursi favorit. Kalau duduk depan, bisa lihat banyak pemandangan dan yang jelas nggak mabuk!

Di bus, sepanjang perjalanan, pria flamboyan ini berbincang riang dengan supirnya. Ah memang, silaturrahim membawa rejeki.

Dari dia aku banyak belajar untuk sekedar berramah tamah atau tersenyum pada semua yang aku temui. Pesannya ketika aku meninggalkan kota kelahiranku adalah, ‘pandai pandai lah membawa diri’.

Pria itu memang flamboyan, dengan petikan gitarnya aku belajar bahasa Belanda, lewat lagu Bunga Anggrek mulai Mekar. Als De Orchideen Bloeien.

Dan itu lagu yang sering aku putar untuk mengingatnya, pria flamboyan, si Bunga Anggrek, Eyang Kakung Kardisan Pawiro.

-ketika rindu berlantunkan doa, semoga dipertemukan kami semua di surga-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: