just to tell u the untold ones..

Tulisan ini sih sebenarnya lebih banyak ditulis untuk pengingat diri sendiri. Kali kali aja tar pas tuaan dikit udah susah ingat ingat hal beginian. Tapi kalau memang akhirnya ada guna buat siapapun yg baca (ya kali ada yg bacaaa..) ya alhamdulillaah..

Ini catatan beberapa masker wajah buatan sendiri yg bahannya gampang ditemukan, sayangnya eyk ga pernah pake ukur ukuran komposisi kalau pas bikinnya sih..

1. Exfoliator Beras Kunyit. Beras segenggam di tumbuk halus + madu murni 1sdm + parutan halus kunyit (ya kira kira seukuran jari). Bubuhin di muka atau badan, tunggu agak kering dan gosok melingkar untuk mengangkat kulit mati. Enakan sesudah pakai masker ini sih pakai Masker ketimun parut dingin. Adem jatuhnya.

Ini jangan di pakai diwajah pas jerawatan yess, bisa tambah radang nanti. Syaratnya : kulit bebas luka dan jangan sering di pakai, seminggu atau dua minggu sekali sudah bagus kok.

2. Exfoliator Asem Jawa. Asem Jawa di tuang air panas (jangan kebanyakan dan jangan pake gula.. tar malah diminum!). Tunggu agak hangat. Oleskan d muka dan atau badan. Di utamakan di tempat yang ada bekas luka atau gatal (dulu diajarinnya buat ngilangin bekas gatal dikaki karena sering klayapan di sungai atau kebun). Tunggu kering lalu bilas pakai air hangat.

3. Masker Jeruk Nipis. Jeruk Nipis di ambil airnya saja lalu di oles dimuka. Dulu diajarinnya pas masa puber SMA, jerawat kecil kecil nongol.. gatal sih di muka, tapi jerawat cepet kering. Mungkin semacem intensive vit-C serum gitu yess jaman sekarang.

4. Masker Kunyit Madu. Ini masker bikinnya cuman kunyit di parut (banyaknya kunyit sesuai kebutuhan, kl mau sebadan ya parutlah banyak banyak) di tambah madu murni. Ini fungsinya bikin kulit kuning langsat dan utk awet muda kalo istilah Ibu dan Eyang Putri. Now on eyk browsing emang mengandung anti-aging. Bahkan Clarins buat serum dengan base kunyit ini.

5. Masker Lidah Buaya. Lidah buaya gituan aja di kerokin dagingnya, dihancurin lalu di oles ke wajah, badan leher dan bahkan utk rambut. Now on, Lidah buaya kemasan dari pulau Jeju jadi hot item di beauty issues. Oya, karena sejak lahir aku punya rambut minimalis alias sedikit, jadi dulu eyk sering dimaskerin Lidah Buaya selain minyak kemiri dan minyak orang aring oleh Ibu dan Eyang Putri. Alhamdulillaah mayan nih jadi punya rambut..

6. Masker buah buahan. Ini sih ga pakai susah payah. Pokoknya tiap makan buah, ambil dikit aja masukin kotak lalu masukin kulkas. Kalau pas ada waktu, bejek bejek hancurin lalu oles muka. Adem.. Dari Timun, Alpuket, pisang, belimbing, bengkoang, apel dll.. kl buah yg manis sih hampir ga pernah buat masker ya, kelengkeng rambutan mangga dkk. Mendingan di makan aja semua tak bersisa.

7. Putih Telur. Kata Eyang Putri, Masker putih telur ini adalah masker andalan utk wanita setelah menikah. Karena setelah melewati masa kehamilan dan bertambahnya usia, maka kulit akan otomatis menjadi kendur. Na putih telur ini fungsinya untuk mengencangkan kulit. Boleh d oleskan di seluruh bagian tubuh bila memang memungkinkan. Wajah termasuk seputar mata, leher, pangkal lengan, dada bahkan perut dan paha. Tunggu sekitar 15 menit hingga kering dan bilas bersih bersih/ mandi.

8. Masker Lidah Buaya. Tau kan caranya yess.. cuman buka lidah buaya lalu oles oles deh d muka, badan dan rambut sekitar 15-30 menit sebelum mandi. Sadly curently i tak punya tanaman ini. padahal kangen banget siang siang maskeran pake lidah buaya yg abis di dinginin di kulkas.

Itu masker yang aku ingat pernah diajarin Eyang dan pernah eyk pakai.. Semoga ga lupa dan mau rajin rajin maskeran lagi ya dikemudian hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: