just to tell u the untold ones..

Urus Urus Passport

Karena paspor lama sudah habis masa berlaku kemarin mei dan pun ilang, jadi uda pasti harus urus untuk dapat paspor yg baru.

Langkah pertama tentunya kumpulin dokumen2 yaitu :
1. KK asli (pastikan kepala keluarga sudah ttd, san KK ga lewat waktu expire ya)
2. KTP
3. Akta Kelahiran
4. Ijazah (sebagai pengganti Akta)
5. Buku Nikah untuk yang uda nikah)
6. Surat Kehilangan dr kepolisian

Abis itu fotokopi semua dokumen di kertas A4.

Lalu hubungi calo! ——> ups! Ini share pengalaman aja yaa hehee..

Calo pertama dihubungi sewaktu sy dinas k Bandung. Calo ini bilang, untuk kasus paspor hilang dan habis masa berlaku, bisa sebulan prosesnya. Paling cepet 3 minggu. Oh, karena saya hanya seminggu di bandung, jadi calo pertama batal sy pakai.

Calo kedua dihubungi masih di Bandung juga dan sama, passpor selesai akan memakan waktu 1bulan berapapun biayanya.

::kesimpulan = calonya ga canggih::

Calo ketiga dihubungi di pas saya di Cirebon. Calo cirebon ini ga bs di follow up juga krn membutuhkan waktu 10hari dan saya tetep harus dtg ke kantor imigrasi untuk wawancara dan foto while meeting di Cirebon ga bisa ditinggal.

Calo keempat, calo jakarta yg saya hubungi kasih rentang waktu kerja selama 10 hari dengan biaya IDR 2.7 juta katanya karena harus bikin BAP dan pelunasan denda2. Ah calonya mahal pun masih ga keren, lamma.

Calo kelima ga mau bilang berapa biaya dan berapa lama. Mau ketemu dulu dan bawa suratnya. Mmm.. Gak!

Akhirnya, dengan gontai karena merasa ga jodoh dengan calo2 jaman sekarang, saya bikin sendiri deh ke imigrasi. Agar deket kantor dan mudah bolak baliknya, saya ke imigrasi Warung Buncit. Ini juga harus bener2 diniatin karena harus pinter2 split waktu kerja.

Hari selasa pagi antri ambil nomor antrian, isi formulir dan tunggu dipanggil loket untuk verifikasi dokumen. Oiya untuk yg mau bikin paspor dengan tiga nama (nama di akta hanya dua suku nama), disediakan formnya di koprasi di imigrasi kok. Materai juga jual.. Karena kasus saya paspor lama hilang, stlh dr loket verifikasi dokumen saya harus BAP. Karena dokumen BAP numpuk, sepertinya ga nampol kl harus BAP hari itu juga, saya di suruh balik hari rabu untuk BAP. Jadi saya balik kantor pas jam lunch

Rabu siang saya BAP. Berangkat pas waktu lunch, jam 2udah sampai kantor.

Kamis jam set10 brgkt lg ke imigrasi ambil dokumen BAP dan bawa lagi k loket imigrasi (tanpa antri), lalu dikasih form pembayaran, ambil antrian bayar. Bayar biaya administrasi sebesar IDR 255k + PMI IDR 5k. Lalu bawa dokumen dan bukti bayar beserta nmr antrian foto untuk wawancara sekaligus foto. Ini antrinya lama. Selesai dari imigrasi jam 16:15. Udah foto dan wawancara. Umumnya setelah foto dan wawancara, passpor jadi dlm 3hari. Tapi karena pas ama Harpitnas dan Raya Lebaran Haji, jadi paspor saya jadi hari kamis depannya.

Alhamdulillah ga ribet dan ga lama sih.. Cuma memang harus meluangkan waktu dan tertib antri. Anyway antrian di imigrasi termasuk bagus dan tegas sih.. Semoga semakin bagus systemnya yaa 🙂

Bangga loh urus paspor sendiri ga pakai calo heheheee.. 🙂

Advertisements

Comments on: "Urus Urus Passport" (2)

  1. Saluttt..hahaha. Two thumbs up bangett

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: