just to tell u the untold ones..

A Blast of Merapi

Beberapa kilasan tentang Merapi, sebuah gunung di utara kota Jogjakarta, mampir di benak saya beberapa malam lalu. Membuat saya pingin menuliskan beberapa coretan tentang merapi disini.

Merapi adalah gunung api aktif dengan ketinggian puncak baru (setelah erupsi 2011) +/- di 2850 mdpl, sebelumnya puncak gunung ini masih di 2986 mdpl setelah erupsi 2006.

Puncak tertingginya kini berbentuk bibir kawah (i even havent seen it by my self). Dulu sebelum erupsi 2010 di sebut puncak garuda.

Geger Boyo, benteng penghalang lahar dingin yang berupa perbukitan melingkari sebagian lereng Merapi, telah rusak karena erupsi awal letusan di tahun 2006. Itulah sebabnya pada erupsi 2006 selanjutnya, lahar dingin mulai masuk ke daerah perkampungan. Kali Bebeng, sebuah sungai aliran lahar dingin dengan kedalaman sekitar 20m dengan sempurna tertutup material vulkanik. Beberapa truk pasir yang terlambat diselamatkan, terjebak terbenam dalam lautan material tersebut. Our Lovely Joglo, gardu pandang pengamatan puncak merapi pun lenyap tak berbekas. Dan erupsi 2010, menenggelamkan semuanya sampai kedalaman 5 meter. Done!

Dulu jalur pendakiannya ada 2. Satu lewat Kinah Rejo Sleman dan lainnya lewat Selo, Boyolali. Kalau melihat potensi lahar dingin, jalur yang aman dilalui saat ini hanya lewat Selo.

Setiap letusannya kerap dihubungkan dengan legenda mistis Kiai Petruk Sabo Nolo Genggong, bahkan sampai dihubungkan dengan cerita Kanjeng Ratu Nyai Loro Kidul si penguasa mistis Laut Selatan.

Hiked this dark mountain almost every months, made Merapi have a special place in my memory..  Merapi tinggal kenangan.. karena tak ada gambaran dalam ingatan saya yang dapat saya temui kembali disana. Kali Kuning, Kali Bebeng, Kali Adem, Rumah Mbak Maridjan, Tebing Vertical, Punggung Dino, Pasar Bubrah, Warung Wedang Pisang dan bahkan puncaknya pun sudah jelas berbeda. Tapi Merapi tetap Merapi.. Kenangan bersama Merapi akan tetap dihati.. 🙂

Merapi paska Erupsi 2006

Gunung Merapi (Foto: Koran SI)

foto-foto lainnya nyusul deh, ga bawa file nya.. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: