just to tell u the untold ones..

Marriage Preparations

hekekekkkk.. sibuk yaa liat dua orang itu anteng ngurek2 tanggalan 2012. lalu sibuk ngasi tanda ke tanggalannya. trus juga sibuk merahasiakannya.

disini saya coba buat kecil sekedar pengingat, apa2 aja yang musti disiapin waktu ada gawe nikahan :

1. baju2 nikah + make up, baju untuk persiapan nikah kayak midodareni, akad dan resepsi, baiknya dipisahkan dengan tingkatan masing-masing. Midodareni/ Temu keluarga sebaiknya menggunakan kebaya dan make up minimalis/ sederhana, tanpa banyak penak pernik dan makeup berat. Tipsnya, mainkan warna2 natural dengan alas bedas dan bedak secukupnya. Kebaya akad juga sebaiknya dipersiapkan dengan desain yang lebih anggun dan make up yang cukup nyaman dilihat maupun pemotretan (disini makeup mulai bermain dengan alas bedak+bedak berisi, warna2 sesuai warna kebaya dan shading tipis). Untuk resepsi, make up sebaiknya dipersiapkan lebih matang. Make-up saat resepsi harus lebih menyala dan berani dengan shading yang nyata sehingga make up lebih awet dan memenuhi syarat untuk pemotretan. Diharapkan juga makeup pengantin wanita nggak kalah ama make up para tamu undangan. Soal make up ini, kadang perias lupa, sehingga lebih baik QC nya qt sendiri aja. Saran saya, saat temu keluarga/ midodareni sih ga perlu pake perias. Rias wajah sendiri aja, ga ribet kok ternyata.. 

Jangan lupa juga disiapkan Dress-up dan make-up untuk keluarga pengantin.

2. gedung/ tempat pernikahan. tidak perlu gedung mewah dengan berbagai fasilitas. yang penting adalah tempat yang mengakomodir jumlah hadirin. dan memiliki sistem parkir yang memadai (tempat ga perlu luas, yg penting terencana). Selain itu, pastikan sistem sirkulasi udara cukup, agar tamu ga terlalu kepanasan.

3. Konsumsi. point yang ini saya cukup banyak belajar dari marriage advisor saya sewaktu acara pernikahan saya. Dia bilang keperluan konsumsi rumusnya adalah 1.2 x jumlah undangan. jadi misalkan undangan 1000 x 1.2 = 1200 porsi. sewaktu acara saya kemarin, jumlah segitu pas. Panitia sempat bawa pulang beberapa makanan lebih dr resepsi, tapi alhamdulillah ga kekurangan dan ga mubadzir). Tapi rumus pengalian itu menurut saya tergantung pada tempat dimana acara d adakan. Karena tradisi pernikahan masing2 tempat berbeda.  Jadi, sesuaikan dengan budaya setempat yah..

3. Surat2 dan penghulu. Pastikan semua sudah diurus baik2 dan Penghulu datang tepat waktu. Minta nmr telepon penghulu agar komunikasi lebih lancar dan pastikan penghulu paham kapan acara dimulai dan dimana tempatnya.

4. PHOTO. Pastikan point yang ini ga terlupa. Kenangan sering diperlukan untuk mempertahankan rumah tangga, gitu kata advisor saya. Pastikan hasil foto dr team fotografi cocok dengan selera anda. Kalau enggak, pastikan anda bisa memberi masukan. Jangan lupa ambil softfile foto2nya, sekali ada yg kurang kan bisa diedit sendiri nantinya. Foto tidak hanya pada saat resepsi dan akad yaa, jangan lupa pas acara midodareni/temu keluarga serta persiapan pernikahan lainnya. Untuk acara midodareni atau temu keluarga dan persiapan ini ga perlu ahli foto yang menanganinya. Untuk saya sendiri, saya hanya menggunakan jasa tetangga dan saudara saja cukup. toh editing tetap bisa menyusul..

5. Undangan. Undangan pernikahan sebaiknya sesuai selera calon pengantin dan budget yang disiapkan. Inti dari undangan adalah komunikatif. Untuk saya pribadi, undangan tidak perlu mewah dengan pernak pernik yang ribet. cukup sederhana. karena menurut saya, toh jarang orang yang nyimpen undangan penikahan orang ya.. Forgotten after the party ends..  Sebarkan undangan minimal 2 minggu sebelum hari H. Untuk undangan yang kira2 perlu persiapan lainnya, pastikan undangan diterima sebulan sebelum Hari H.

6. Souvenir. disesuaikan dengan selera pengantin dan budget yang disediakan juga. tapi tips dari saya sih pastikan souvenir yang ada adalah barang yang bisa di gunakan, bukan sekedar pajangan. sekalian nambah pahala ajaa..

7. Mobil2 atau angkutan. Selama pernikahan, pastikan pihak keluarga mendapatkan angkutan yang memadai. pastikan ada PIC yang bertanggung jawab untuk memegang masing2 kunci kendaraan2 tersebut, sehingga jika sewaktu2 diperlukan mudah. Jangan lupa, jika tempat pernikahan dan tempat resepsi agak jauh, pastikan pengantin punya angkutan tersendiri.

8. Park-team. Ssst.. ini juga penting loh, agar tamu ga kacau parkir2nya. Park-team harus siap minimal satu jam sbelum acara d mulai, dan sehari sebelumnya harus sudah briefing skenarionya.

9. Panitia. Panitia juga hadir 1 jam sebelum acara dimulai. Kelengkapan panitia (baju, make-up, sendal, snack) harus sudah dipersiapkan. kalau waktu make up melewati waktu makan, ada baiknya jika disiapkan juga konsumsi untuk memastikan tidak ada yang lemes2 waktu acara. semua siiapp menyambut tamu dengan senyum dan segarrr 🙂

 Khusus Panitia, disiapkan juga Panitia untuk acara2 lain seperti midodareni/ temu keluarga dan acara akad. dengan kelengkapan yang disesuaikan.

10. Buku Tamu. Masih dalam rangka mengenang hari H, sebaiknya disiapkan buku tamu. Buku tamu bisa berbentuk macam2 baik yang manual maupun digital, semua tergantung selera dan budget yang ada.

11. Stage. Panggung pernikahan juga harus dipersiapkan dengan baik. Ga perlu mewah, asalkan pandai dalam memanagenya, hasilnya tentu juga bagus. Penempatan hiasan dan bunga yang tepat dapat merubah suasana menjadi elegan. Sesuaikan juga hiasan panggung dengan warna baju pernikahan.

12. Kamar Kecil. Jangan lupa mempersiapkan kamar kecil untuk para tamu kebelakang, entah buang air kecil ataupun sekedar ngebetulin make up atau kerudung.

13. RESTU ORANG TUA. Ini penting loh.. Percayak deeh.. 🙂

– kalo ada yang kurang ya maaf kan yaa.. 🙂

Advertisements

Comments on: "Marriage Preparations" (3)

  1. hahaha, dua orang itu memang diam2 pusing sendiri yah? :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: