just to tell u the untold ones..

E (for Equilibrium)

01. Sidang Sidang Kecil

Ruang sidang di lantai tiga gedung angkuh itu masih menampakkan kesan dinginnya. Dinding-dinding yang tegak berdiri membuat para mahasiswa yang sedang berharap-harap cemas semakin miris teriris-iris. Hari ini dinding-dinding bisu menjadi saksi betapa perjuangan panjang seorang mahasiswa pintar, assisten teladan, ahli beasiswa kampus, karena dia telah menaklukan hampir semua ujian penerimaan beasiswa. Telah roboh hancur berkeping-keping hanya karena kebodohannya sesaat di ruang sidang. Dia lupa Rumus Darcy. Entah apa yang ada di otaknya saat itu. Mulutnya terkunci rapat, pun otaknya serasa berhenti bekerja. Benar-benar berhenti bekerja bagai buruh pabrik yang sudah tiga bulan gajinya tak dibayarkan lalu demo massal. Bagaikan bekicot disawah yang tak sengaja tersampar kaki petani lalu si bekicot mengkerut masuk ke kandangnya, ngambek gak mau muncul-muncul lagi.

Ah teman, rumus Darcy ini bukan barang baru untuknya. Bagi Nasirudin Bandi, rumus ini bagai sahabat karib saja. Bekal dasar saat dia menganalisa suatu pergerakan fluida di sebuah batuan yang berrongga lalu memaparkan analisa-analisa. Semua persamaan njlimet yang telah di bahas di dunia perminyakan, sebagian besar hanya turunan dari rumus ini. Adalah kewajiban bagi seorang mahasiswa jurusan perminyakan untuk menjiwai rumus ini. Tapi pagi tadi, Nasirudin malang belajar tentang satu hal. Sahabat karibpun ternyata mampu berkhianat. Peluh membanjir semakin deras tatkala ingatannya melayang ke kejadian ufuk tadi. Nasirudin tidak sholat subuh. Dia lebih memilih berkutat dengan tumpukan Tugas Akhirnya. Tolol, umpatnya menyesali kedunguannya tadi pagi.

Raut muka kecewa pembimbingnya, gebrakan tangan pengujinya keatas meja membuat nyalinya makin ciut bak bekicot tadi. Tangannya bagai terserang Parkinson, gemetar tak karuan, bervibrasi tak terarah dan tak perlu perintah. Spontanitas jemari yang tak diinginkannya semakin mempersulitnya untuk membuka slide-slidepresentasinya, sekedar untuk mencari beberapa turunan persamaan yang mungkin bisa membantunya sedikit mengingat rumus itu.

Tolol, dungu, bodoh. Malu rasanya kalau harus meminta Tuhan mengembalikan sedikiiiit saja ingatan tentang rumus dasar itu. Ya Tuhan, memang hambaMu ini tempat merugi.. Astaghfirullaah.. Pucat. Pasi. 

“Udin, Tuhan takkan berkhianat. Tidak akan. Laa khaula walaa quwatta illa billah..” sayup-sayup suara mamaknya menggema-gema di kupingnya yang lebar berkibar bak bendera perdamaian yang sering di bawa-bawa team IRC.

“Laa khaula walaa quwatta illa billaah..” bisik Udin. Ditariknya nafas panjang pasrah..

Then, it will come when u least expect it..

 BYARRRRRR… Goa gelap otaknya tiba2 penuh dengan lampu petromaks. Bagai neon 10 watt di ruang belajar kecil ukuran 2×3 meter. TERANG sudah semua jejalan tak keruan yang membekukan neuron otaknya. terasa darah hangat mengalir di urat-urat pipinya. muka pucatnya pun telah berganti memerah. matanya kembali bersinar-sinar. Entah bagaimana, rumus sialan yang tadi ngumpet entah dimana itu tiba-tiba bercongol tersenyum-senyum riang menari nari nakal di benaknya. Siap Pak, saya ingat.

Nasirudin belajar lagi tentang Tuhan, Dia tak pernah berkhianat.

Gamblang diterangkannya rumus dasar itu, sampai ke penyelesaian masalah dari Tugas Akhirnya. Ahh Teman, Benar adanya, Tuhan tak pernah berkhianat.. Dia-pun Maha Pemaaf.. Terima kasih mamak, jerit Nasirudin dalam hati. Tuhan Engkau memang Maha Kuasa.

Sudah terasa manis, hasil yudisium sore ini. Ingin Nasirudin segera mencicipnya. Pasti manis bak Teh yang dihidangkan orang Jawa di ruang tamunya. Gulanya separuh gelas.

Advertisements

Comments on: "E (for Equilibrium)" (14)

  1. snacksore said:

    Darcy’s Law atau Hukum Darcy disini adalah suatu persamaan aliran yang dimunculkan oleh seorang Hidraulic Engineer kebangsaan Perancis. Persamaan ini umum di gunakan di dunia perminyakan sebagai hukum dasar suatu aliran di media berpori (batuan).

    Bekicot adalah siput, sejenis keong dengan bdan yang liat dan dapat menggulung badannya masuk kedalam cangkangnya saat dalam kondisi atau keadaan yang menurutnya kurang aman. hewan ini sering ditemukan di sawah-sawah di Indonesia :p
    i love my country anyway.. ^_^

    Parkinson adalah jenis penyakit menurunnya fungsi kerja syaraf, degeneratif syaraf yang menyebabkan gerakan tremor saat anggota badan dalam keadaan istirahat/ normal. sampai sekarang, penyebab pasti penyakit degeneratif ini masih belum jelas.

    Astaghfirullah = Istighfar = permohonan ampun kepada Alloh..

    Laa khaulaa walaa quwatta illa billah = Tiada kekuatan kecuali dari Alloh..

    Mamak = ibu, mom, mommy, bunda, mama, panggilan bagi wanita yang melahirkan ataupun yang merawat.

    IRC = International Red Cross = Palang Merah Internasional, organisasi sosial yang didirikan oleh Bodden Powell,

    Petromaks = lampu berbahan bakar minyak tanah yang menggunakan sistem pembakaran gas sebagai awal pemicu. spritus dipompakan /disemprotkan secara merata, ke suatu jaring2 (umumnya dari bahan kaus halus) sehingga mengembang dan terbakar. basil pembakaran inilah yang digunakan sebagai penerang.

    Yudisium = sidang keputusan akhir dan penetapan.

    Teh suku Jawa = teh diambil dari pucuk daun teh pilihan yang di iris kasar dan di jemur. suku jawa rata-rata menghidangkannya dengan gula batu ataupun gula pasir yang banyak. sehingga teh hidangannya terasa Panas, Legi (manis) dan Kenthel (kental).

    -THIS IS HOW I LOVE INDONESIA-

  2. hihihi..
    love it..

    • hal ini membuktikan bahwa manusia mempunyai suatu kekurangan, sehingga janganlah menjadi sombong atas segala yang telah dicapai…

      dan ilmu merupakan suatu hal yang membuat manusia merasa berguna bagi dirinya dan orang lain….

    • snacksore said:

      kritik dunk Neng..
      😀 hihihiii

  3. Tulisan yang sangat indah, penuh estetika dan metafora, inspiratif dan menggerakan pembacanya (action oriented)…

    bukan sekedar short story…

    aku suka…

    • snacksore said:

      iik, kritiknya pedes bangetttt..
      kekekekkk..
      mana taringnyaa?? ga boleh keluar untukku ya??

  4. Komeng niy: Settingnya ‘jaman kuliahan’, tp perbandingannya agak ganjel xixii mahasiswa diibaratkan buruh pabrik yang blum gajian (mmmm perbandingan real sesuai dengan realita ‘jaman jahiliah’ itu mgkn lebih pas…misal saat tunggu kiriman yang tak sampai2 gara2 keabisan duit di awal minggu pertama mungkin lebih cocok xixiixixix)…. pengalaman pribadi xixixiix

    • snacksore said:

      ukay Lil Keciil.. inspiratif.. gimana kalo ibaratnya si anak manja yang sudah 3 bulan gak dikirimin uang bulanan oleh orang tuanya. benar2 malas tidak mau berpikir. macet cett cettt.

      ^_^

  5. Tulisan yang sangat indah, penuh estetika dan metafora, inspiratif dan menggerakan pembacanya (action oriented)…

    bukan sekedar short story…

    aku suka…

  6. kritik.. hmmm.. terlalu banyak perbandingan dalam satu cerita.. “Dia bla bla bla, seperti bla bla bla”nya terlalu sering.. mungkin satu dua kali aja udah cukup..

    just my two cents. (^-^)v

    • snacksore said:

      ^_^ makasiihh Neng Yandaaa..

      uda di akomodir di chapter 2 (02. Kalikuning Kaliadem) tuh Neng..

  7. Very nice…..tapi tautan antara satu dengan yang lain kurang kena. Something yang bisa bikin orang g’ perlu berfikir berat untuk tahu dia akan di bawa kemana oleh penulisnya. Meski masing2x penulis punya cara dan ciri masing2x sih. Tapi itu kalo aku bilang terlalu to the point, dan ada beberapa yang g’ serasi…meski tulisan singkat tapi tetep perlu diperhatikan seninya kan.
    Orang awam yang membaca, pasti perlu berfikir sedikit untuk tahu tulisan ini…^_^…but i like it.

    • snacksore said:

      suwun kritiknya Diannn.. sambal memang selalu enak untuk dimakan bareng nasi 😉

      masukkannya udah di akomodir di chapter 2 nya N.. 02. Kalikuning Kaliadem.. boleh dicuba lagi buk sambalnya di situ..?

      ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: